Thursday, May 3, 2007

BUAH SEGAR

Buah segar sering jadi pilihan untuk hidangan penutup pesta. Namun, hampir selalu disajikan dalam potongan atau dalam bentuk cocktail buah. Dengan sedikit siasat, buah segar bisa ditampilkan lebih cantik dan memikat selera. Simak info lengkapnya berikut ini.
1. Praktis & Segar: Buah segar yang sarat vitamin dan mineral paling bagus disajikan dalam keadaan segar. Jenis sajian yang praktis antara lain; salad buah segar, setup buah, shorbet atau mousse, punch atau smoothies. Tentu saja masih banyak jenis olahan lain yang lebih rumit pembuatannya seperti pie, cake, cheesecake, dll. Dengan pilihan yang praktis, sajian buah segar bisa Anda buat bervariasi sehingga tidak membosankan tamu.
2. Rasa & Warna : Untuk membuat kombinasi atau campuran buah segar sebaiknya perhatikan paduan rasa. Padukan rasa manis dengan rasa asm dalam jumlah seimbang sehingga saat dinikmati memberi sensasi rasa yang spesial. Untuk memikat selera, jangan lupa perhatikan paduan warna, warna hijau melon, alpukat, dan kiwi bisa dipadu dengan warna merah strawberry, warna oranye pepaya atau jeruk, warna kuning nanas, dan warna ungu anggur.
3. Masak & Mulus: Buah yang disajikan dalam keadaan segar harus yang masak pohon, tidak ada bagian yang busuk atau berlubang. Setelah dikupas, sebaiknya bilas dengan air matang yang bersih, tiriskan atau lap hingga kering dan potong-potong jika perlu. Simpan dalam lemari es hingga dingin sebelum dicampur dengan bahan lain agar terasa segar saat dinikmat.
4. Paduan Bahan: Rasa buah segar yang asam, manis, segar merupakan rasa alami yang harus tetap menonjol. Karena itu saat mengolah dengan menambahkan bahan lain, sebaiknya pilih bahan yang rasanya netral atau cenderung gurih seperti susu, yoghurt, atau keju. Misalnya, bahan untuk saus salad buah atau untuk punch atau smoothies.

No comments: